admin@amanahbelitungtour.com

Tour Belitung Pakai Paket Wisata Keluarga, Apa Untungnya?

Tour Belitung dengan menggunakan Paket wisata keluarga adalah pilihan tepat jika Anda mencari alternatif wisata murah dan menyenangkan. Alasan mengapa paket liburan keluarga ke Belitung dianggap cukup menguntungkan diantaranya adalah karena: Kita akan lebih mudah mengatur jadwal, tidak perlu repot membuat rencana perjalanan wisata atau itinerary, akan dapat fasilitas hotel dan juga kendaraan (mobil) yang memang cocok untuk keluarga, dapat guide gratis, serta antar jemput gratis dari bandara dan trip ke pusat oleh-oleh khas Belitung.

Keuntungan Menggunakan Paket Tour Belitung untuk Keluarga

Liburan atau traveling dengan anggota keluarga (khususnya dengan anak-anak) punya banyak manfaat. Apalagi, di era modern ini kita sebagai orang tua cenderung jarang sekali menghabiskan waktu seharian penuh dengan anak-anak. Sehingga, ada banyak orang tua yang tidak “mengenal” anaknya sendiri, atau sebaliknya.

Liburan dengan buah hati sepintas terdengar akan sangat menyenangkan. Tapi jangan beranggapan bahwa liburan dengan anak kecil itu mudah. Pasalnya, jalan-jalan dengan anak-anak biasanya justru membutuhkan biaya yang kadang sangat besar. Bahkan tidak jarang, biaya yang kita keluarkan lebih banyak dibandingkan dengan apabila kita mengajak orang dewasa.

Di samping itu, bepergian dengan anak-anak kerap kali terasa jauh lebih merepotkan dan melelahkan sehingga, persiapannya pun harus lebih matang. Bagi yang punya anak, pasti sudah tahu akan hal ini. Setiap kali akan bepergian, kita setidaknya perlu meluangkan waktu 1 jam lebih awal untuk persiapan jika dibandingkan dengan mengajak orang dewasa.

Tidak mengherankan, mengingat anak-anak tidak bisa mengepak dan mengatur barangnya sendiri, kadang-kadang mereka rewel, sesaat sebelum jalan tak jarang mereka minta buang air besar atau merengek minta makan. Bahkan, ketika mereka sudah siap untuk jalan–bisa saja mereka melakukan sesuatu yang membuat pakaian jadi kotor dan perlu diganti. Benar-benar menyita banyak waktu.

Itu artinya, travelling dengan keluarga (terutama anak-anak) kerap membutuhkan anggaran lebih, perhatian khusus, dan persiapan yang lebih matang.

Membayangkan betapa repotnya jalan-jalan dengan anak-anak tidak seharusnya membuat Anda berkecil hati. Pasalnya, sesulit dan serepot apapun jalan-jalan dengan anak-anak, manfaatnya akan jauh lebih besar dibandingkan dengan pengorbanan yang kita (orang tua) lakukan.

Sebelum kita membahas panjang lebar mengenai keuntungan menggunakan paket wisata keluarga saat akan berlibur, terutama jika Anda memilih Pulau Belitung yang terkenal dengan sebutan Pulau Laskar Pelangi, saya ingin berbagi sedikit mengenai beberapa manfaat liburan dengan keluarga. Agar semangat Anda untuk melancong dengan buah hati makin bertambah.

A. Manfaat berlibur dengan keluarga

1. Anda akan lebih mengenal siapa anak Anda

Ketika berada di rumah, anak-anak seringkali tidak menunjukkan siapa dirinya, atau bagaimana karakter sesungguhnya. Tapi ketika berada di perjalanan, banyak orang yang sulit untuk menyembunyikan diri mereka yang sebenarnya, tidak terkecuali anak-anak.

Kegiatan travelling akan membuat anak bertemu banyak orang asing, menyita tenaga, tinggal di lingkungan baru, dan lain sebagainya. Pada saat itulah, Anda bisa melihat bagaimana mereka berinteraksi, bagaimana mereka bereaksi, dan bagaimana mereka menyikapi berbagai masalah yang yang mereka hadapi.

2. Anak-anak akan belajar banyak hal dari Anda

Bagi anak, orang tua adalah role model pertama mereka. Mereka selalu tertarik dan suka mengikuti apa saja yang dilakukan oleh orang tua mereka. Apa yang Anda tunjukkan sepanjang perjalanan, akan menjadi pelajaran paling berharga untuk buah hati.

Mereka akan belajar bagaimana Anda berinteraksi dengan orang asing, bagaimana cara Anda mengatur atau membuat rencana perjalanan, dan mereka juga akan berusaha mencontoh bagaimana cara Anda menyelesaikan atau mencari solusi untuk setiap masalah yang dihadapi selama liburan.

3. Dengan anak-anak, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang sifatnya kekanak-kanakan dan memalukan sekalipun

Sebagai orang dewasa, seringkali kita merasa malu atau gengsi untuk melakukan hal-hal yang sifatnya kekanak-kanakan atau sedikit gila (tapi menyenangkan). Namun dengan keberadaan anak-anak, rasa malu dan gengsi tersebut bisa dengan mudah kita singkirkan.

Jadi, bepergian dengan anak-anak bisa menjadi keuntungan tersendiri ketika Anda ingin melakukan berbagai jenis kegiatan yang kekanak-kanakan atau yang sifatnya sedikit agak tidak pantas dilakukan oleh orang tua.

Berbagai kegiatan seru seperti naik roller coaster, main petak umpet di labirin, bermain-main pasir atau melompati ombak di pantai, hingga berbicara dengan binatang, semuanya bisa Anda lakukan dengan mudah jika bersama anak-anak.

4. Perjalanan jadi lebih lambat tapi akan membuat Anda memperhatikan banyak detail-detail kecil

Ketika kita berwisata sendiri atau dengan pasangan, kita seringkali berjalan terburu-buru, atau enggan menghabiskan banyak waktu saat berada di sebuah objek wisata.

Dengan anak-anak, sebaliknya, perjalanan akan terasa lebih lambat, dan tak jarang kita menghabiskan lebih banyak waktu dibandingkan dengan yang kita rencanakan. Tapi, ini bukan masalah besar!

Manfaat terbesar liburan dengan keluarga adalah, perjalanan Anda akan jadi lebih lambat sehingga lebih banyak waktu yang Anda miliki untuk menikmati pemandangan indah, memperhatikan detil-detil kecil, mendatangi tempat-tempat yang mungkin tidak Anda sangka atau melakukan hal-hal yang tidak terpikirkan sebelumnya.

5. Anda akan mendapatkan keistimewaan dan perlakuan khusus

Ketika Anda pergi dengan anak-anak, ada banyak perlakuan khusus atau keistimewaan yang akan Anda peroleh. Satu contoh, ketika naik bis dan tidak kebagian tempat duduk. Tidak butuh waktu lama. Akan ada penumpang lain yang mau menawarkan tempat duduk untuk Anda dan anak.

Di beberapa tempat, di mana orang dewasa biasanya dilarang untuk masuk adalah contoh lainnya. Jika bersama anak-anak, Anda bahkan bisa dengan leluasa memasukinya tanpa takut dimarahi atau diusir. Contoh, saat berada di kapal, biasanya kita dilarang untuk memasuki ruang kemudi. Tapi dengan anak-anak, tidak jarang justru kita diundang untuk masuk. Bahkan, tidak sedikit kapten kapal yang dengan senang hati memberikan anak-anak kesempatan untuk memegang kemudi hingga menggunakan topi kapten.

6. Anda akan lebih dekat dengan keluarga

Saya yakin, banyak diantara kita yang menyadari bahwa, waktu yang yang kita miliki setiap hari sebagian besar habis untuk bekerja dari pagi hingga petang. Tidak jarang, sepulang bekerja kita terlalu lelah untuk bercengkerama dengan anak-anak.

Di akhir pekan pun tidak jauh berbeda. Kadang-kadang kita ingin memanfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat dan bersantai. Sehingga, alih-alih bermain dengan anak-anak pada saat liburan di akhir pekan, kita justru lebih sering manfaatkannya untuk menyendiri dan beristirahat demi menyegarkan pikiran atau mempersiapkan tenaga agar siap bekerja lagi di keesokan harinya.

Sehingga, wajar apabila banyak diantara kita (orang tua) yang tidak mengenali siapa anaknya, bagaimana karakter mereka, apa yang mereka sukai, sejauh mana perkembangan pelajaran mereka, dan lain sebagainya.

Travelling dengan anak-anak, akan sangat bermanfaat, terutama untuk menambah kedekatan Anda dan keluarga. Atau, kegiatan ini bahkan bisa juga dimanfaatkan untuk memperbaiki hubungan yang renggang dengan pasangan atau salah satu anggota keluarga.

B. Keuntungan tour di Belitung menggunakan paket wisata keluarga

1. Lebih tepat waktu

Ketika anak-anak mengetahui bahwa perjalanan wisata mereka sudah terjadwal dan diatur oleh biro perjalanan, mereka biasanya akan lebih nurut dan tidak banyak membantah saat diajak bersiap-siap atau ketika diajak untuk meninggalkan objek wisata yang disinggahi, sekalipun mereka masih ingin berlama-lama di sana.

Sebaliknya, pergi berwisata secara mandiri, kerap membuat rencana perjalanan wisata Anda berpotensi jadi kacau. Karena tak jarang, anak-anak enggan beranjak dari tempat-tempat yang mereka sukai atau enggan segera bersiap-siap untuk meninggalkan tempat wisata ketika mereka sedang asyik bermain. Itu bisa terjadi karena anak-anak tahu bahwa Anda tidak akan menolak permintaan mereka dan membiarkan mereka menangis di perjalanan.

2. Anda tidak perlu berdebat mengenai pilihan destinasi wisata yang akan didatangi

Salah satu masalah yang kerap kali membuat kegiatan travelling keluarga jadi batal atau terasa kurang nyaman adalah pertentangan pendapat tentang, kemana tujuan wisata yang sebaiknya dikunjungi. Misal, anak-anak lebih memilih pergi ke kebun binatang tapi Anda ingin pergi ke pantai.

Daripada tidak jadi liburan hanya gara-gara perbedaan pendapat, akan lebih bijak apabila Anda memilih paket wisata keluarga yang telah menyediakan itinerary wisata. Sehingga, baik Anda maupun anggota keluarga yang lain akan dengan sukarela mengikuti rencana perjalanan wisata yang telah diatur tersebut.

3. Anda tak perlu repot mencari penginapan atau hotel yang cocok dan menyediakan family room

Jika ini adalah kali pertama Anda berwisata ke Belitung, memilih paket tour Belitung untuk keluarga adalah pilihan bijak. Selain karena tidak terlalu repot merencanakan destinasi wisata yang akan dikunjungi, Anda juga tidak akan direpotkan dalam memilih dan mencari hotel atau tempat menginap yang cocok untuk keluarga. Pasalnya, pihak tour and travel yang berpengalaman pasti akan menawarkan Anda tempat menginap yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan.

Itulah beberapa keuntungan memilih paket wisata keluarga saat akan tour ke Belitung atau ke destinasi wisata menarik lainnya. Selain keuntungan di atas, tentu masih ada banyak benefit lainnya yang akan Anda dapatkan apabila memilih family tour package.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *