admin@amanahbelitungtour.com

Tour Belitung 1 Hari, Objek Wisata Apa yang Sebaiknya Dikunjungi?

Tour Belitung 1 hari sepintas terdengar sangat singkat untuk mengunjungi objek wisata yang ada di pulau indah ini. Akan tetapi, apabila bisa dimanfaatkan dengan maksimal, waktu sehari tersebut sudah cukup digunakan untuk mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di Pulau Belitong (bahasa setempat) yang terkenal dengan julukan Pulau Laskar Pelangi ini.

Agar bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, ada baiknya Anda mencoba mengikuti beberapa track wisata berikut ini.

Tour Belitung 1 Hari Lebih Optimal dengan Trik Berikut

1. Buat itinerary perjalanan wisata sebaik mungkin

Saya berasumsi bahwa Anda berasal dari luar daerah sehingga akan datang ke Belitung dengan menggunakan pesawat. Jika demikian, Anda tentu akan turun di Bandar Udara Internasional H.AS. Hanandjoeddin yang lokasinya berada di Tanjung Pandan dan dekat dengan beberapa objek wisata menarik seperti Danau Kaolin, Pantai Tanjung Pendam, Pantai Tanjung Tinggi yang lebih dikenal dengan julukan Pantai Laskar Pelangi, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Batu Banyak, Pantai Teluk Limau, tidak jauh dari warung kopi Kong Djie 99, serta dekat dengan museum Badau.

Membuat rencana perjalanan (itinerary) dengan memilih rute yang tepat memungkinkan Anda mendatangi berbagai objek wisata menarik yang ada di Pulau Belitung. Misal, Anda bisa memulai perjalanan wisata dengan mengunjungi Pantai Pantai Laskar Pelangi atau Pantai Tanjung Tinggi kemudian lanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Pantai Batu banyak yang bersebelahan dengan pantai Tanjung Kelayang, lalu sempatkan diri hopping island dengan mengunjungi Pulau Kepayang dengan menyewa Perahu di Tanjung Kelayang. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Pantai Tanjung Binga atau Pantai Bukit Berahu. Kemudian, akhiri perjalanan dengan mengunjungi Pantai Tanjung Pendam.

Sesampainya di Tanjung Pendam, Anda bisa booking hotel di sini dan bisa makan malam malam sambil mencari oleh-oleh khas Belitung yang banyak terdapat di sekitar kota ini.

Jika dihitung-hitung, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan dari bandara hingga ke Tanjung Pendam kurang lebih 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 65 km. Jika ditambah dengan kunjungan wisata ke Pulau Kelayang, Anda akan menghabiskan waktu sekitar 3-4 jam khusus untuk perjalanan darat dan laut saja. Sisa waktu bisa Anda gunakan untuk menikmati berbagai objek wisata yang Anda datangi.

2. Gunakan penerbangan pertama atau penerbangan pagi

Tour Belitung 1 hari juga akan lebih optimal apabila Anda memilih penerbangan pagi atau penerbangan malam. Kemudian, pilihlah penginapan yang berlokasi dekat dari Bandara atau dekat dengan objek wisata pertama yang akan Anda datangi.

Memilih penerbangan pagi memungkinkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dengan lebih leluasa sehingga punya waktu lebih banyak (dari pagi hingga sore hari atau petang).

3. Tour Belitung 1 hari lebih mudah diwujudkan apabila Anda sewa mobil + sopir

Kenapa harus sewa mobil dan juga pakai sopir? Sepintas, sewa mobil di Belitung untuk berwisata tampaknya adalah sebuah pemborosan. Tapi kalau dipikir-pikir, rental kendaraan justru akan sangat menguntungkan.

Sewa mobil murah di Belitung dengan sopir apabila Anda melakukan one day trip saya katakan lebih menguntungkan, karena:

A. Kita bisa memanfaatkan pengalaman sopir

Driver yang disertakan oleh rental mobil rata-rata adalah seorang yang berpengalaman dan tahu seluk-beluk jalan dan pariwisata di Belitung. Jadi, mereka bisa membawa kita lebih cepat menuju ke tempat-tempat wisata.

Sekalipun kita (juga) bisa mengandalkan Google Map atau aplikasi semacamnya, namun kurangnya pengalaman akan membuat kita tersendat-sendat atau tidak berani ngebut karena tidak mengenal medan.

Selain itu, pengetahuan sopir seputar pariwisata Belitung juga bisa dimanfaatkan untuk merekomendasikan: objek wisata menarik yang mungkin belum pernah Anda dengar, tempat beli oleh-oleh khas Belitung yang murah dan lengkap, atau tempat-tempat makan yang enak.

B. Cuaca tidak akan mengganggu aktivitas wisata Anda

Liburan satu hari dan berusaha untuk mendatangi banyak tempat seharian sudah pasti akan menyita banyak tenaga. Apalagi jika kita memaksakan diri menggunakan sepeda motor yang pasti akan membuat kita kepanasan di siang hari dan kebasahan apabila hujan.

Disamping itu, duduk di sepeda motor juga relatif lebih melelahkan jika dibandingkan dengan duduk di jok mobil. Bagi Anda yang akan kembali bekerja di keesokan harinya, Anda wajib sewa mobil di Belitung jika ingin tidak kelelahan pada saat kembali bekerja.

C. Bisa dimanfaatkan untuk mengurangi biaya sewa hotel

Sebenarnya, tidak menyewa hotel atau memilih untuk tidak menginap sama sekali di Belitung bisa dilakukan apabila memilih one day trip. Landing di pagi hari dan terbang (kembali pulang) pada malam hari sangat mungkin apabila Anda hanya tour ke Belitung hanya sehari saja.

Tetapi, jika Anda merasa ide ini terlalu melelahkan, Anda tentu saja tetap disarankan untuk menginap di hotel pada malam harinya–sebelum pulang di keesokan paginya. Apabila Anda memutuskan menginap di hotel Anda tidak perlu check-in di pagi hari melainkan di malam hari.

Dengan menyewa mobil, Anda tak perlu mengkhawatirkan barang bawaan. Karena, barang bisa dibawa serta dan di masukkan ke bagasi mobil saat travelling.

Trip ke Belitung 1 Hari, Objek Wisata Apa Saja yang Paling Direkomendasikan?

Pulau Belitung sebenarnya tidaklah begitu luas. Akan tetapi, untuk mendatangi berbagai objek wisata yang ada di sana, tentu saja tidak cukup hanya dalam waktu sehari.

Jika ingin lebih puas saat memilih one day trip ke Belitung, ada baiknya Anda memilih objek wisata yang berada di satu jalur. Jika belum ada ide, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata menarik di Belitung yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Tanjung Tinggi atau Pantai Laskar Pelangi

Anda tentu sudah bisa menebak mengapa kami merekomendasikan pantai ini sebagai tujuan utama. Ya, Belitung saat ini memang lebih populer sejak kehadiran novel dan film Laskar Pelangi, dan…

Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu tempat pengambilan syuting film Laskar Pelangi tersebut. Keindahan pantai yang mampu mampu menyita perhatian banyak pemirsa di film bukanlah reka-reka. Hingga tidak mengherankan apabila, tourist lokal maupun mancanegara orang yang tertarik untuk datang liburan atau jalan-jalan ke Belitung.

Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu pantai yang sangat indah dan sangat khas. Di pantai ini, akan kita jumpai banyak sekali batu-batu granit berukuran raksasa yang membuat pemandangan di pantai tampak berbeda dari kebanyakan pantai lainnya yang rata-rata dihiasi batu karang.

2. Pantai Batu banyak dan Pantai Tanjung Kelayang

Kedua pantai ini sebelah-menyebelah. Sehingga, Anda yang berkunjung ke Pantai Batu Banyak tentu saja bisa langsung berkunjung ke Pantai Tanjung Kelayang. Pantai Batu Banyak sangat cocok apabila di kunjungi untuk kegiatan gathering, liburan keluarga, atau acara company outing.

Selain memiliki bibir pantai berpasir lembut yang luas, airnya yang jernih dan tempatnya yang bersih. Jangan lupa! tempat parkir yang tersedia juga sangat luas. Semua itu akan memudahkan kita saat berkunjung dan menikmati serta melakukan berbagai kegiatan seru di pantai.

Selain bermain pasir dan mandi atau berenang di sekitar bibir pantai, ada juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya seperti menyewa jet ski.

3. Hopping Island dengan mengunjungi beberapa pulau kecil yang indah dan cantik

Pulau-pulau kecil di sekitar pulau utama merupakan destinasi wisata menarik yang selalu ingin dikunjungi oleh wisatawan setiap kali datang ke Belitung. Beberapa pulau kecil yang menarik dan banyak diminati di antaranya adalah:

  • Pulau Kelayang. Pulau ini menawarkan formasi bebatuan yang sangat keren dan instagramable. Di sini juga ada jasa pelepasan tukik yang akan menambah pengalaman wisata Anda maupun keluarga. Pemandangannya pun luar biasa indah. Jika tertarik untuk datang ke sini, jangan lupa mengunjungi goa yang ada di pulau kecil ini–yang terkenal bagus dan menarik
  • Pulau Kepayang. Pulau ini kerap dijadikan sebagai salah satu tempat persinggahan saat hopping island karena pantai di tempat ini sangat indah di samping formasi bebatuannya yang juga menarik. Oh ya, di Pulau Kepayang juga terdapat beberapa warung makan yang menyediakan menu khas Belitung serta menu Jadi, Anda tidak perlu repot membawa bekal karena tempat ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat makan siang saat jalan-jalan
  • Pulau Pasir. Merupakan salah satu tujuan hopping Island yang juga tidak pernah terlewatkan apabila air laut sedang surut. Sesuai dengan namanya, pulau ini hanya terdiri atas pasir tanpa ada tanaman. Pasir laut yang membentuk gundukan atau pulau kecil dengan kontur yang landai terlihat sangat unik dan menarik. Jika beruntung, Pulau Pasir ini juga kerap dikunjungi oleh aneka biota laut
  • Pulau Lengkuas. Selain Pantai Laskar Pelangi, Pulau Lengkuas merupakan ikon wisata Belitung lainnya yang tak kalah keren dan unik. Selain menawarkan suasana indah di pantai, di sini terdapat mercusuar peninggalan Belanda yang dapat Anda naiki untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Jika Anda suka berenang dan ingin menyaksikan terumbu karang dan aneka biota laut. Jangan lewatkan kegiatan snorkeling yang sudah pasti seru dan mengasyikkan

4. Pulau Batu Berlayar

Hamparan laut yang biru selalu bisa memanjakan mata dan membuat kita betah berlama-lama saat travelling. Sebelum kembali ke pulau utama (saat hopping Island), jangan lewatkan berkunjung ke Pulau Batu Berlayar yang menawarkan pemandangan indah dan unik.

Seperti saat berkunjung ke pulau-pulau kecil lainnya, selain bermain main di pantai atau mandi air laut, di sini kita juga bisa foto-foto dengan latar belakang batu-batu granit berukuran raksasa yang khas.

5. Museum Kata Andrea Hirata dan SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Selain Pantai Tanjung Tinggi, objek wisata di Belitung lainnya yang ada hubungannya dengan film Laskar Pelangi adalah replika SD Muhammadiyah yang ada di Lenggang, Gantung, Belitung Timur. Serta, Museum Kata Andrea Hirata yang juga berlokasi di Lenggang. Museum yang digagas sendiri oleh Andrea Hirata ini tempatnya hanya berjarak sekitar 2 km dari replika SD Muhammadiyah.

6. Pantai Burung Mandi

Jika Anda memutuskan mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata dan SD Muhammadiyah Laskar Pelangi untuk mengisi one day trip Belitung Anda. Kami juga menyarankan Anda berkunjung ke beberapa pantai cantik di Belitung Timur, yang salah satunya adalah Pantai Burung Mandi. Dari Tanjung Pandan, lokasi pantai ini bisa dijangkau dalam waktu kurang lebih 1,5 jam naik kendaraan.

Daya tarik utama pantai Burung Mandi terletak pada keindahan pemandangannya, suasananya yang tenang dan asri, lingkungan yang bersih, pasirnya lembut dan berwarna putih, serta air laut di tempat ini juga sangat jernih.

7. Vihara Dewi Kwan Im

Tour Belitung 1 hari apabila Anda menggunakan paket wisata akan terasa lebih lengkap apabila sempat jalan-jalan ke Vihara Dewi Kwan Im yang ada di dekat Pantai Burung Mandi.

Tempat sembahyang umat Buddha ini terbuka untuk umum dan kerap mendapatkan kunjungan wisata. Tentu saja, sajian utama di Vihara Dewi Kwan Im adalah pemandangan alam di samping arsitektur dan interior vihara itu sendiri. Di puncak bukit, terdapat sebuah patung Dewi Kwan Im berukuran besar yang kerap dijadikan sebagai tempat bersua foto oleh para traveler.

8. Tour Belitung 1 hari ke Pantai Serdang

Jika Anda menginginkan sebuah pantai yang tenang, pasir putih yang bersih, tersedia banyak tempat makan dengan menu yang enak, serta pemandangan yang alami, jangan lewatkan travelling ke Pantai Serdang yang ada di wilayah Manggar, Belitung Timur.

Objek wisata pantai Belitung yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi liburan keluarga. Kontur pantainya yang landai, kondisinya yang bersih, dan gelombang lautnya yang tidak terlalu besar sangat cocok dijadikan sebagai tempat bermain-main keluarga. Di sekitar tempat ini juga terdapat lahan yang dapat dimanfaatkan untuk camping dan menikmati enaknya tidur di alam dengan menggunakan hammock.

9. Pantai Nyiur Melambai

Belitung Timur selain dikenal sebagai tujuan wisata para penggemar Laskar Pelangi, juga dikenal sebagai destinasi wisata pantai yang menarik. Di bagian atas, kami telah menyebutkan beberapa tempat wisata Belitung Timur yang populer seperti Vihara Dewi Kwan Im, Pantai Manggar, hingga Pantai Burung Mandi.

Selain beberapa objek wisata menarik di atas, satu lagi pantai yang indah dan sebaiknya tidak Anda lewatkan apabila berkunjung ke Belitung Timur adalah pantai Nyiur Melambai.

Pantai ini juga cocok dijadikan sebagai tujuan rekreasi keluarga di akhir pekan atau di hari-hari libur meskipun terkesan sedikit kurang terawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *