admin@amanahbelitungtour.com

46 Tempat Wisata Belitung Terbaru 2020 Paling Menarik dan Populer

Tempat wisata di Belitung yang paling populer sebagian besar adalah objek wisata pantai. Namun selain itu, pulau yang dipisahkan oleh Selat Bangka dengan Pulau Sumatra ini memiliki banyak destinasi traveling lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari objek wisata budaya seperti rumah adat, museum, wisata alam, hingga wisata kuliner khas Belitung.

46 Popular Belitung Travelling Destinations

Jika kamu berencana untuk liburan ke Kepulauan Bangka Belitung dengan menggunakan Belitung Tour Package (paket wisata) ataupun secara mandiri, berikut adalah beberapa objek wisata Belitung terbaru 2020 yang menarik dan populer, yang sebaiknya tidak kamu lewatkan.

A. Objek Wisata Pantai dan Pulau di Belitung

1. Pulau Lengkuas adalah tujuan melancong wajib yang sebaiknya tidak kamu lewatkan

Kepulauan Bangka Belitung terdiri atas 470 pulau namun hanya 50 pulau saja yang berpenghuni. Diantara sekian banyak pulau di Belitong, Pulau Lengkuas adalah salah satu yang sangat populer hingga banyak dikunjungi sebagai tujuan refreshing karena keindahannya.

Tak hanya bisa menikmati indahnya suasana pantai yang bersih dan unik, pulau dengan luas kurang lebih 1 hektar ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berada di Pulau Lengkuas antara lain, kamu bisa berenang di pantai, snorkeling, atau diving (menyelam) untuk menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang ada di tempat ini.

Bagaimana cara pergi ke Pulau Lengkuas?

Untuk bisa sampai di Pulau ini, traveler terlebih dahulu harus menyewa perahu dari Tanjung Kelayang (Tanjung Tinggi). Atau bisa juga lewat Tanjung Binga. Lama perjalanan menggunakan perahu hingga sampai di pulau yang indah ini kurang lebih 25-40 menit.

2. Mercusuar Pulau Lengkuas adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan alam

Ketika berada di Pulau Lengkuas, banyak sekali wisatawan yang sengaja berfoto dengan latar belakang mercusuar peninggalan Belanda yang ada di pulau ini.

Mercusuar ini sendiri merupakan ikon wisata Belitung sehingga tak mengherankan apabila, mercusuar ini kerap dijadikan sebagai objek foto oleh para traveler.

Bangunan yang ada di tengah-tengah pulau ini merupakan peninggalan sejarah. Mercusuar ini dibangun pada tahun 1882, dan hingga saat ini masih tegak berdiri.

Jika kamu ingin mengedarkan pandangan ke seluruh pulau, naik ke menara mercusuar ini adalah opsi terbaik yang akan memberikan kamu sensasi dan pengalaman wisata yang tak akan terlupakan.

3. Tour ke Pantai Bukit Berahu yang cantik

Sepintas, nama objek wisata ini terdengar sedikit aneh. Pasalnya, kita menyebut pantai sekaligus menyebut bukit yang tampaknya berlawanan. Tapi jika ditelisik lebih dalam, nama tersebut tentu tidak akan terdengar aneh lagi.

Objek wisata terkenal di Belitung ini memang di namai Pantai Bukit Berahu karena lokasi pantainya tersembunyi di balik sebuah bukit yang bentuknya seperti perahu (berahu) terbalik.

Di sekitar tempat ini tersedia fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari restoran hingga penginapan berupa cottage atau villa yang dilengkapi kolam renang dengan view mengarah langsung ke arah Pantai.

4. Pantai Batu Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas merupakan destinasi wisata Belitung paling menarik dan paling populer sehingga pengunjung yang datang ke tempat ini pun sangat banyak.

Selain pantai berpasir putih dan mercusuar yang menjulang tinggi, spot menarik lainnya di sana yang terlihat sangat eksotis adalah pantai berbatu yang terdiri atas batu-batu granit berukuran raksasa.

Pantai Batu Pulau Lengkuas kerap dijadikan sebagai salah satu spot foto karena pemandangannya sangat instagramable. Disamping itu, di sini juga terdapat sebuah kolam yang dijuluki kolam Bidadari.

Kolam ini sendiri terbentuk secara alami dan menampung air laut sehingga terlihat seperti sebuah kolam kecil yang bisa dijadikan sebagai tempat mandi atau bermain air.

5. Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Destinasi wisata favorit di Belitung lainnya adalah Pantai Tanjung Tinggi yang dikenal juga dengan sebutan pantai Laskar Pelangi. Pantai ini sangat cocok apabila dijadikan sebagai tujuan liburan keluarga karena, gelombang di pantai cukup tenang, kontur pantainya pun sangat landai, ditambah lagi dengan pasir putihnya yang bersih.

Di bagian kiri dan kanan pantai ini, akan kita saksikan pemandangan berupa batu-batu granit berukuran raksasa yang membuat pantai terlihat semakin indah dan menarik.

Pantai yang berada di Desa Ciput, Kecamatan Sijuk ini tidak hanya terkenal karena pemandangan alamnya yang indah, tapi juga terkenal dengan terumbu karang dan biota lautnya yang cantik. Jadi, selain bermain-main dan mandi di pantai, kamu juga bisa snorkeling atau diving di sekitar tempat ini.

Tapi ingat, sekalipun terkenal aman karena gelombang lautnya yang cukup tenang, namun kamu tetap perlu waspada terhadap ubur-ubur yang lumayan banyak di beberapa spot diving.

Letak Pantai Tanjung Tinggi tidak jauh dari pantai Tanjung Kelayang dan bisa diakses dalam waktu kurang lebih 30–45 menit dari Bandar Udara Internasional H.AS. Hanandjoeddin.

6. Pulau Pasir yang tidak bisa dinikmati setiap saat

Tour ke Belitung akan lebih lengkap rasanya apabila kita sempat melakukan hopping Island atau jalan-jalan menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitar pulau utama.

Kegiatan ini bisa dilakukan menggunakan perahu atau boat yang bisa di sewa di pulau utama. Umumnya, agar biaya sewa lebih murah, wisatawan akan membayar secara patungan.

Dari sekian banyak pulau yang akan dikunjungi, Pulau Pasir adalah salah satu yang sering disinggahi. Sayangnya, pulau kecil yang unik ini tidak setiap saat tersedia untuk para pengunjung, karena hanya bisa dinikmati apabila air laut sedang surut. Jadi, apabila air laut sedang pasang, pulau ini tidak akan terlihat karena tenggelam.

Dinamakan Pulau Pasir karena pulau ini hanya terdiri atas hamparan pasir tanpa ada ada satupun pepohonan. Wisatawan yang mampir ke Pulau Pasir, selain bermain-main pasir di tempat ini atau mandi, mereka juga bisa menjumpai berbagai bagai binatang laut yang kerap terlihat di sana, salah satunya adalah penyu.

7. Pulau Kalimambang adalah pulau dengan pantai yang mempesona

Pulau yang berada di Tanjung Pandan ini kerap dimasukkan sebagai salah satu itinerary hooping island oleh penyedia paket wisata hemat di Belitung karena keindahan alam dan pantai yang ada di pulau ini sudah sangat terkenal.

Air lautnya yang berwarna biru tosca dan sangat jernih, pasirnya yang bersih, pemandangan alamnya yang indah, serta biota lautnya yang cantik membuat pulau ini ramai dikunjungi sebagai tujuan refreshing atau snorkeling dan juga diving.

Tidak banyak fasilitas yang bisa ditemui di salah satu pulau kecil berpenghuni ini. Hanya terdapat beberapa rumah warga berukuran kecil yang arsitekturnya sangat sederhana. Walau demikian, pemandangan alam di sekitar pantai sangatlah menarik.

8. Tour ke Belitung akan lebih lengkap apabila kamu sempat mengunjungi Pulau Batu Berlayar

Pulau kecil nan indah ini juga merupakan salah satu destinasi wisata wajib di Belitung. Lokasinya cukup mudah dijangkau hanya berjarak sekitar 10 menit berkendara dari Pulau Kepayang atau pun Pulau Pasir.

Tidak jauh berbeda dengan pulau-pulau kecil lainnya yang ada di Belitung, pulau ini juga menawarkan pemandangan khas yang terdiri atas pantai berpasir putih yang lembut serta batu-batu granit berukuran raksasa.

Yang membedakan, di Pulau Batu Berlayar ini ukuran batu-batu granit yang ada di sana terlihat lebih panjang dan menjulang tinggi. Pulau ini sendiri kerap dijadikan sebagai destinasi hopping Island oleh penyedia paket wisata Belitung. Dan, umumnya akan dikunjungi menjelang sore hari karena Pulau ini akan tenggelam apabila air laut pasang.

9. Pulau Burung adalah salah satu ikon wisata Pulau Belitung yang cukup populer

Selain mercusuar yang ada di Pulau Lengkuas, ikon wisata Pulau Belitung lainnya adalah Pulau Burung yang sering dijadikan sebagai latar belakang foto selfie oleh para pelancong. Karena memang, salah satu batu yang ada di pulau ini terlihat seperti burung yang sedang mendekam hingga terlihat sangat instagenic.

Pulau ini sendiri luasnya tidak lebih dari 2 hektar dan dikelilingi oleh pantai berpasir putih dan air lautnya pun sangat jernih. Di sekitar pantai, seperti biasa, kita akan menjumpai batu-batu granit berwarna putih berukuran besar.

Pulau yang dapat dijangkau dalam waktu kurang lebih 20 menit dari Desa Tanjung Binga ini, selain menawarkan pemandangan pantai yang eksotis dan khas, juga menawarkan pemandangan bawah laut yang menarik. Karena itulah, selain bermain-main di sekitar pantai, banyak juga wisatawan yang sengaja datang untuk snorkeling atau diving.

10. Trip Belitung belum lengkap apabila belum berkunjung ke Pulau Kepayang

Pulau Kepayang, atau oleh masyarakat sekitar disebut Pulau Babi adalah sebuah pulau kecil yang cantik dan banyak menyediakan kuliner khas Belitung, khususnya makanan yang terbuat dari seafood.

Pulau ini sedikit berbeda dengan beberapa pulau lainnya yang telah kami sebutkan sebelumnya. Terutama dari segi ukurannya yang cukup luas, mencapai 12 hektar.

Karakteristik pantai pulau ini sangat identik dengan batu-batu granit yang seolah-olah muncul dari dasar laut. Air laut di sekitar pantai sangat jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar dan pasir pantainya pun berwarna putih bersih.

Pulau Kepayang Belitung sering dikunjungi oleh wisatawan yang sengaja ingin snorkeling atau diving. Karena memang, pemandangan bawah laut di sekitar pulau ini dikenal sebagai salah satu surga diving yang indah dan menarik.

Jika beruntung, penyelam bisa menjumpai beberapa ikan langka seperti, ikan Napoleon hingga penyu sisik. Ngomong-ngomong soal penyu, di Pulau Kepayang ini terdapat penangkaran penyu sisik yang dijadikan sebagai destinasi eko-wisata yang sebaiknya kamu kunjungi.

Dari pantai Tanjung Kelayang, pulau ini berjarak sekitar 2 km yang dapat dijangkau dalam waktu kurang lebih 15 menit menggunakan boat atau perahu.

Di pulau ini, telah tersedia berbagai fasilitas untuk wisatawan yang datang berlibur. Mulai dari restoran, cottage atau penginapan, serta tempat penyewaan alat menyelam atau snorkeling.

Jika kamu ingin melangsungkan bulan madu, pulau ini sangat direkomendasikan. Pulau Kepayang dapat dijadikan sebagai alternatif tujuan bulan madu murah meriah karena pemandangannya tidak kalah menarik dan indah jika dibandingkan dengan Gili Trawangan di Lombok.

11. Pulau Leebong adalah sebuah daratan mungil yang memikat

Melakukan perjalanan singkat seperti one day trip atau berwisata beberapa hari bisa dilakukan di Pulau Leebong. Pulau kecil yang memikat ini menawarkan panorama yang indah, hingga mampu membuat traveller betah berlama-lama di sini.

Perjalanan menuju pulau ini sangat menyenangkan karena banyak pemandangan indah yang bisa kita saksikan sepanjang perjalanan. Sesaat sebelum berlabuh di Pulau Leebong, kita akan disambut dengan pemandangan hutan bakau yang tumbuh subur di sekitar Pelabuhan tersebut.

Selain pemandangan yang hijau dan menyegarkan mata ini, wisatawan juga akan menemukan pantai yang indah dan beberapa spot menarik, termasuk rumah pohon di tengah-tengah pulau serta beberapa gardu pandang di sekitar hutan bakau.

Beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan di Pulau Leebong selain jalan-jalan di pantai adalah:

  • Diving atau menyelam. Pulau Bangka selain menawarkan pemandangan alam yang indah di daratan, juga menawarkan pemandangan yang tak kalah menarik di bawah laut. Sehingga tidak mengherankan apabila banyak spot diving dan snorkeling yang dapat kita jumpai dengan mudah di sana
  • Snorkeling. Ombak di sekitar pantai relatif tenang sehingga sangat memungkinkan bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut di tempat ini dari permukaan (dengan ber-snorkeling). Apabila kamu lupa membawa peralatan snorkeling sendiri atau kebetulan tidak punya, jangan khawatir. Pasalnya, di sini tersedia penyewaan peralatan snorkeling yang kisaran harganya mencapai Rp 45 ribuan
  • Banana boat. Bagi kamu yang datang berlibur bersama keluarga atau bersama rekan-rekan kantor (teman-teman), melakukan aktivitas seru seperti menaiki banana boat yang bisa menampung antara 3 hingga 10 orang tentu akan jadi pengalaman yang mengasyikkan dan tak terlupakan
  • Mendayung paddle board ke tengah laut. Bentuk paddle board layaknya sebuah kano yang dapat digunakan untuk mengambang sambil menikmati suasana di sekitar pantai atau kamu juga bisa mendayung agak sedikit ke tengah laut
  • Jetski. Kalo budget wisatamu mencukupi, nikmati juga olahraga air yang paling menyenangkan yaitu, jetski. Di Pulau Leebong ini, harga sewa jetski per 15 menit per orang kurang lebih Rp250.000
  • Menikmati sunset
  • Bersepeda di pantai. Bersepeda adalah aktivitas lain yang bisa kamu lakukan saat berada di Pulau Leebong. Pada saat air laut surut, di sepanjang Pantai Ciracas dari pagi hingga sore biasanya banyak sekali wisatawan yang bersepeda di tempat ini untuk berolahraga sambil menikmati suasana yang sejuk dan alami
  • Bersantai di gazebo, dan masih banyak kegiatan lainnya yang bisa kamu nikmati saat berada di pulau cantik ini

12. Pantai Tanjung Pendam

Lokasi Pantai Tanjung Pendam tidak jauh dari pelabuhan Tanjung Pandan dan tidak jauh dari objek wisata Danau Kaolin Belitung. Pantai Tanjung Pendam sendiri selalu ramai dikunjungi setiap hari oleh warga Belitung ataupun wisatawan karena lokasinya yang berada dekat dari kota sehingga sangat mudah dijangkau.

Umumnya, wisatawan yang datang ke tempat ini akan menikmati suasana pantai yang indah, mendengar debur ombak, serta menikmati berbagai hiburan yang ada di sekitar pantai. Boleh dibilang, Pantai Tanjung Pendam merupakan salah satu pantai dengan fasilitas paling lengkap di Belitung.

Semakin sore, biasanya pantai akan semakin ramai karena memang, pantai Tanjung Pendam kerap dijadikan sebagai spot untuk menikmati sunset. Entah itu dari pantai atau dari warung makan di sekitar pantai yang banyak menjajakan aneka kuliner dengan menu seafood.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencari penginapan atau hotel yang menawarkan pemandangan langsung ke arah laut, mencari hotel di sekitar pantai ini juga sangat disarankan.

Tidak perlu khawatir, banyak sekali penginapan atau hotel murah yang bisa dijumpai di sini, yang menawarkan harga kamar mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung fasilitas yang ditawarkan.

13. Pantai Serdang dengan pemandangan pohon pinus yang indah

Tidak seperti kebanyakan pantai yang umumnya dihiasi pohon nyiur (kelapa), Pantai Serdang yang berada di Belitung Timur, tepatnya di Kota Manggar, merupakan pantai yang di sekitarnya banyak sekali tumbuh pohon pinus.

Pantai ini tergolong sangat bagus dengan pemandangan alam yang indah serta gelombang di pantai ini relatif besar jika dibandingkan dengan beberapa pantai di Belitung lainnya. Di samping akan menjumpai pohon pinus, di pantai ini juga banyak sekali tertambat kapal-kapal nelayan yang membuat suasana pantai tampak lebih hidup dan semarak.

Di waktu-waktu tertentu, di pantai ini akan diadakan festival yang melibatkan perahu-perahu nelayan tersebut. Selain itu, jangan lewatkan menikmati kopi khas Belitung apabila kamu berkunjung ke Pantai Serdang.

14. Pantai Sijuk di kecamatan Sijuk

Tempat wisata terbaru di Belitung 2020 lainnya yang menarik dan populer adalah pantai Pesisir Sijuk. Sekalipun banyak terdapat batu-batu di sekitar pantai namun, batu yang ada di pantai ini ternyata bukanlah batu granit seperti yang banyak kita jumpai di pantai-pantai lain di Belitung.

Batu ditempat ini ternyata adalah batu hasil erupsi gunung api, sehingga warna dan bentuknya pun berbeda dengan batu granit. Bebatuan hasil erupsi tersebut rata-rata berwarna hitam kehijauan dengan tekstur aphanitis.

Pantai Sijuk di Belitung ini pasirnya berwarna putih yang membentang sangat panjang. Jika kamu menghabiskan waktu hingga senja, saat matahari mulai terbenam, kamu akan menyaksikan pemandangan yang sangat dramatis. Bias sinar matahari yang memantul di pantai akan menghasilkan warna merah muda yang cantik dan unik.

15. Pantai Batu Banyak

Masih di sekitar Pesisir Sijuk dan tidak jauh dari pantai Tanjung Kelayang, terdapat sebuah pantai yang dinamai Pantai Batu Banyak karena di tempat ini banyak sekali batu-batu granit yang seolah-olah tumbuh dari dalam laut.

Pantai Batu Banyak sangat bagus dengan pemandangan laut yang indah dan angin sepoi-sepoi sangat cocok dijadikan sebagai tujuan liburan. Kamu bisa bermain air, mandi atau sekedar bermain pasir di pantai ini.

Jangan khawatir, di tempat ini juga terdapat tempat membilas badan setelah bermain di pantai disamping beberapa fasilitas lainnya berupa gazebo, toilet, serta mushala.

16. Pantai Jimbaran Belitung

Mendengar kata Jimbaran, sepintas kita akan teringat pada pulau Bali. Namun Jimbaran yang akan kita bahas berikut ini bukanlah Jimbran yang ada di Bali melainkan, Pantai Jimbaran di Belitung yang juga kerap disebut Pantai Tanjung Pandan.

Walau demikian, pantai ini tetap saja akan mengingatkan kita pada Pulau Bali. Pasalnya, di sana terdapat sebuah gapura dengan nuansa atau arsitektur khas Bali.

Daya tarik Pantai Jimbaran selain menawarkan pemandangan bahari yang cantik, di tempat ini juga terdapat wahana permainan air dan waterpark.

17. Jangan lewatkan Pantai Penyabong saat tour Belitung

Melancong ke Pulau Belitung, jangan lewatkan travelling ke Pantai Penyabong, yaitu sebuah pantai kecil yang diapit bebatuan di kiri dan kanannya. Pantai Penyabong tidak begitu populer, namun menawarkan pemandangan yang sangat indah dan unik hingga membuat siapaun yang datang ke sana akan betah berlama-lama.

18. Pantai Tambak adalah salah satu pantai terpanjang di Belitung

Saat berada di Belitung Timur, sebaiknya berkunjunglah ke pantai Tambak atau Pantai Kuala yang merupakan salah satu pantai dengan garis pantai terpanjang di Belitung Timur. Pantai ini sendiri lokasinya tidak jauh dari pantai burung mandi dan objek wisata Vihara Dewi Kwan Im.

Tambak beach berada di Desa Sukamandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur. Keunikan dan daya tarik pantai ini selain bibir pantainya yang landai dan panjang serta pemandangan alamnya yang indah juga, di tempat ini banyak sekali perahu-perahu nelayan yang membuat suasana pantai terlihat makin indah.

Nelayan di objek wisata ini banyak yang membudidayakan udang sehingga tak mengherankan apabila pantai ini dikenal dengan sebutan pantai tambak udang. Disamping itu, pantai ini juga kerap dijadikan sebagai tempat pelepasan tukik penyu.

19. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang selain terkenal sangat indah, juga kerap dijadikan sebagai pelabuhan atau tempat untuk mencari kapal sewaan yang bisa digunakan untuk menyebrang ke Pulau Lengkuas dan sekitarnya.

Panorama di pantai ini sangat cantik, suasananya masih terlihat sangat alami, bersih, dan batu-batu granit raksasa juga bisa dengan mudah kita jumpai di pantai Tanjung Kelayang ini.

Lokasi Pantai Tanjung Kelayang bersebelahan dengan Pantai Batu Banyak. Di tempat ini, fasilitasnya cukup lengkap. Sehingga, kita bisa dengan mudah temukan tempat menginap, restoran, hingga homestay yang menawarkan tarif murah meriah.

20. Pantai Batu Bedil

Pemandangan utama di Pantai Batu Bedil adalah formasi bebatuan granit yang sangat cantik dan terkesan misterius. Hal itu membuat pengalaman wisata ke tempat ini terasa sangat dramatis.

Di tempat ini terdapat tiga gugusan batu sejajar yang masing-masing terpisah oleh laut hingga membentuk bedil atau formasi meriam. Karena itulah, masyarakat sekitar ramai-ramai menamai tempat ini dengan nama Pantai Batu Bedil.

21. Melancong ke Pantai Nyiur Melambai

Refreshing untuk melepas stres dan mengurangi kepenatan pikiran dengan pergi ke pantai adalah pilihan tepat. Dari sekian banyak pantai terkenal di Indonesia, Pantai Nyiur Melambai di Belitung adalah salah satu yang terkenal memiliki pemandangan alam mempesona dengan pasir berwarna putih bersih dan air laut berwarna biru jernih.

Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tujuan liburan karena pemandangan alamnya masih asri serta udaranya pun terasa sangat sejuk. Angin laut ditempat ini bertiup sedikit kencang. Meski demikian, pantai ini tetap cocok dijadikan sebagai tujuan liburan atau piknik bersama keluarga.

Fasilitas dan akomodasi di pantai ini juga cukup lengkap sehingga siapapun yang melancong ke sini tidak perlu khawatir kehabisan bekal atau kemalaman. Pasalnya, ada banyak penginapan dan warung makan yang dapat dijumpai dekat Pantai Nyiur Melambai ini.

22. Pulau Lutong Belitung

Pulau Lutong adalah pulau yang sangat unik karena apabila air laut sedang surut, kamu akan melihat sebuah pulau. Akan tetapi, apabila air laut pasang, Pulau lutung ini akan terbelah menjadi dua.

Kata “lutong” sendiri berarti “lutung” (sejenis kera berbulu hitam). Kata ini digunakan sebagai nama Pulau Lutong bukan karena di pulau ini banyak lutungnya melainkan, karena di Pulau ini terdapat sebuah batu granit berukuran besar yang menyerupai kepala lutong.

Jika kamu mengidam-idamkan berkunjung ke sebuah private beach yang cantik dengan air laut yang tenang dan jernih serta pasir yang bersih, maka berwisata ke Pulau Lutong adalah pilihan tepat.

23. Tour Belitung akan terasa sempurna apabila kamu sempat berkunjung ke Pulau Memperak

Sepintas, Pulau Memperak akan mengingatkan kita dengan keindahan Pulau Maladewa yang menjadi destinasi wisata favorit traveller dunia. Jika kamu ingin merasakan nuansa yang mirip dengan obejek wisata populer di Maladewa, pastikan kamu menyempatkan diri berkunjung ke Pulau Memperak yang ada di wilayah Belitung Timur.

Di pulau ini, masyarakatnya berasal dari berbagai macam suku. Hingga membuat Pulau Memperak makin menarik. Keindahan pantai di tempat ini tak perlu diragukan lagi. Air laut di sekitar pulau sangat jernih, pemandangan lautnya juga begitu eksotis. Jika memutuskan jalan-jalan ke Pulau Memperak, jangan lewatkan kegiatan snorkeling untuk menyaksikan terumbu karang dan keindahan bawah laut di pulau ini.

B. Tempat Wisata Alam di Belitung yang indah dan populer

24. Air Terjun Gurok Beraye

Jika kita jalan-jalan ke tengah-tengah Pulau Belitung, disana kita akan menjumpai sebuah air terjun yang sangat menarik. Tidak seperti kebanyakan air terjun lainnya di Indonesia, Air Terjun Gurok Beraye yang ada di tengah-tengah Pulau Belitung ini, bagian muaranya dihuni oleh banyak sekali ikan-ikan kecil yang dapat terlihat jelas dengan mata telanjang karena airnya sangat jernih.

25. Air Terjun Kepala Kawai (Air Terjun Jurak Insum)

Air terjun lainnya yang tak kalah menarik dan cantik di Pulau Belitung adalah Air Terjun Kepala Kawai yang berada di Kecamatan Membalong. Lokasi Air Terjun ini sendiri berada di balik perbukitan dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut.

Jalan menuju ke Air Terjun Jurak Insum memang tidak mudah. Akan tetapi, sesampainya di sana, rasa lelah akan terobati dengan pemandangan dan keindahan air terjun yang menakjubkan.

26. Air Terjun Marsila

Trip ke Belitung bagi pecinta alam akan terasa makin lengkap jika sempat berkunjung ke Air Terjun Marsila yang berada di daerah Bentaian-Dendang. Pasalnya, air terjun ini terkesan sangat unik dan instagenic.

Betapa tidak, warna bebatuan di sekitar tempat ini terlihat sangat menarik, sehingga tak mengherankan apabila saat difoto, gambar Air Terjun Marsila terlihat seperti pelangi.

27. Bukit Batu Baginde

Tidak jauh dari Pantai Penyambong, terdapat sebuah tempat yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Tempat tersebut oleh masyarakat Bangka Belitung dikenal dengan sebutan Batu Baginde.

Lokasi Bukit Batu Baginda berada di Desa Padangkandis, Membalong, Kabupaten Belitung.

Bagi kamu yang suka berpetualang, mengunjungi puncak bukit Baginda yang akan memaksamu melakukan tracking ringan selama 15 hingga 20 menit akan membuat pengalaman wisatamu di Belitung makin lengkap dan sempurna.

Jika kamu tertarik untuk nge-trip ke sini, pastikan kamu menggunakan kostum yang tepat. Pasalnya, lain akan melewati jalan setapak, kamu juga akan menjumpai batu-batu curam yang harus kamu lewati agar bisa sampai di puncak Batu Baginde.

28. Bukit Pangkuan

Destinasi wisata alam Belitung yang terkenal lainnya adalah Bukit Pangkuan yang lokasinya berada di Kecamatan Kelapa Kampit.

Tempat wisata ini kerap dikunjungi oleh masyarakat (wisatawan lokal) karena, selain menawarkan pemandangan alam yang masih asri dan sejuk, disini juga terdapat aneka rupa wahana atau permainan outbond seperti:

  • Playing Fox
  • Trampolin
  • ATV
  • Lintas tali, dan di sini juga terdapat
  • Ayunan raksasa

Objek wisata Bukit Pangkuan juga dikenal sebagai salah satu tempat di mana kita bisa menjumpai kerajinan tradisional yang dapat dijadikan sebagai souvenir atau buah tangan.

29. Danau Kaolin

Ini bukanlah danau alami, melainkan sebuah danau yang terbentuk dari bekas galian tambang timah. Yang unik dan menarik dari Danau Kaolin adalah warna airnya yang berwarna biru terang meskipun kedalaman maksimalnya mungkin hanya 3 atau 4 meter saja.

Danau Kaolin Belitung bisa dijadikan sebagai destinasi wisata murah. Pasalnya, masuk ke objek wisata ini tidak dipungut biaya atau tiket masuk.

30. Open Pit

Tempat wisata terbaru Belitung 2020 yang menarik lainnya adalah bekas tambang yang saat ini dijadikan sebagai objek wisata layaknya danau kaolin. Objek wisata ini sendiri bernama Open Pit dan berada di Belitung Timur.

Objek wisata berbentuk danau ini memiliki kedalaman antara 30-50 m dengan air berwarna biru, yang akan terlihat makin membiru di tempat-tempat yang agak dalam.

C. Museum dan objek wisata budaya Belitung

31. Rumah Adat Belitung

Selain berinteraksi dengan warga, salah satu cara yang bisa kita coba untuk mengenal lebih jauh mengenai budaya setempat adalah dengan berwisata ke rumah adat.

Di Belitung, rumah adatnya disebut Rumah Adat Panggong. Rumah adat ini memiliki 5 bagian yang memiliki fungsi serta arti berbeda-beda.

Rumah adat Belitung dapat kamu jumpai dengan mudah jika berada di kota Tanjung Pandan. Pasalnya, di sana, tepatnya di samping Kantor Bupati Belitung (Jalan Ahmad Yani) terdapat sebuah rumah adat yang hingga saat ini sering dijadikan sebagai destinasi wisata budaya oleh para traveler.

32. Museum Daerah Tanjung Pandan

Apabila kamu tertarik untuk mendalami sejarah kepulauan Belitung, pergi ke Museum Tanjung Pandan adalah pilihan tepat. Pasalnya, di museum ini tersimpan berbagai peninggalan bersejarah berupa benda-benda yang digunakan oleh masyarakat Belitung tempo dulu serta peninggalan-peninggalan kolonial Belanda, termasuk peninggalan saudagar atau penjelajah dari Cina. Di samping benda-benda bersejarah, di sini juga terdapat hewan yang diawetkan.

33. Museum Badau

Badau adalah nama kerajaan yang ada di Belitung pada zaman dahulu. Sekarang, sisa-sisa kejayaan kerajaan tersebut masih tersimpan rapi dan terjaga dengan baik di museum Badau. Museum ini berada di Jl. Badau, Kecamatan Badau.

Di antara koleksi peninggalan bersejarah yang masih dapat kita jumpai saat di sana antara lain: tombak kembar yang bernama Berlek 13, dan aneka senjata lainnya seperti pedang, keris, serta perabotan rumah tangga seperti periuk, baki, kendi, dan lain-lain.

34. Museum & Zoo Tanjung

Tempat lain yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati benda-benda bersejarah adalah Museum & Zoo Tanjung yang alamatnya berada di Jl. Melati No.41A, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung.

Yang unik dari museum ini adalah, kehadiran kebun binatang mini yang menyimpan koleksi aneka ragam satwa seperti burung, kelinci, ikan, monyet, buaya, ular dan hewan-hewan lainnya.

35. Museum Kata Andrea Hirata

Kamu yang pernah menonton atau membaca film Laskar Pelangi, pasti tahu siapa Andrea Hirata. Ia adalah seorang penulis beken yang banyak menghasilkan karya-karya bermutu, dan salah satunya adalah novel berjudul Laskar Pelangi yang kemudian diangkat ke layar lebar.

Museum yang didirikan sendiri oleh Andrea Hirata ini berisi berbagai kata-kata inspiratif. Setiap ruangannya diisi foto-foto adegan pada film Laskar Pelangi.

Berwisata ke Museum Kata Andrea Hirata merupakan salah satu itinerary Belitung yang biasanya tidak terlewatkan apabila kamu ngetrip dengan menggunakan paket wisata dari Tour & Travel.

36. Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Masih sekitar novel dan film Laskar Pelangi, jika kamu berjalan ke Belitung Timur, di sana kamu akan menjumpai replika SD Muhammadiyah yang pasti sudah sangat dikenal oleh penikmat film Laskar Pelangi.

Replika SD Muhammadiyah tersebut merupakan bangunan replika yang tentu saja dibuat sesuai dengan kondisi aslinya pada zaman dahulu, yang saat ini sudah ambruk. Guna keperluan syuting film Laskar Pelangi, replika SD Muhammadiyah tersebut pun dibangun dan hingga saat ini kerap dijadikan sebagai destinasi wisata.

37. Kampung Ahok atau Kampung Fifi

Destinasi wisata baru di Belitung yang cukup populer salah satunya adalah Kampung Ahok yang sudah berganti nama menjadi Kampung Fifi. Jika berkunjung ke sini, kamu akan disajikan ensiklopedia masa lalu tokoh nasional (Basuki Tjahaja Purnama) atau yang lebih dikenal dengan nama Ahok.

D. Tempat wisata kuliner khas Belitung paling terkenal dan enak

Datang ke Belitung tanpa menikmati aneka kuliner khas tempat tentu saja rasanya kurang lengkap. Ada banyak makanan khas Belitung yang bisa kamu temukan di sana, mulai dari sup gangan, berego, Suto Belitung, sambal rusip, sambal lingkung, pantiaw, mie Koba, kemplang, kepiting isi, otak-otak, tekwan, siput gonggong, hingga lempok durian.

Ada banyak restaurants yang bisa kita kunjungi untuk menikmati kuliner tersebut. Akan tetapi, jika harus menyebutkan warung makan atau restoran terbaik yang menyediakan aneka kuliner khas Belitung di atas, berikut adalah beberapa yang paling kami rekomendasikan.

38.    Mie Belitung Atep

Mie Belitung di tempat ini terkenal legendaris dan sangat enak. Kuahnya saja terbuat dari kuah udang yang gurihnya mantap banget! Mie Belitung Atep terasa makin nikmat karena ditaburi bakwan udang serta aneka rupa toppoing lainnya seperti irisan mentimun, udang rebus, toge, emping melinjo, hingga kentang rebus

39.    Mie Belitung Yamien Nyong Choi

Kalau kamu mengaku pencinta mie,kamu wajib datang ke sini. Di sini, tersedia mie dengan tekstur yang cukup enak dan kuah kaldunya juga sangat nikmat. Selain mie, di warung Nyong Choi ini juga tersedia bakso ikan dan bakmi. Namun perlu kamu tahu, di sini juga disediakan menu makanan dengan bahan dasar babi

40.    Warung Kopi Kong Djie

Ini adalah salah satu warung kopi tertua di Belitung yang sebaiknya tidak kamu lewatkan jika kamu adalah seorang pencinta kopi. Warung ini kerap dijadikan sebagai salah satu itinerary wisata Belitung oleh penyedia paket wisata

41.    RM Batu Garuda

Belitung dikenal sebagai salah satu pusat kuliner seafood. Jika kamu ingin menikmati makanan laut yang enak, cobalah datang ke RM batu Garuda yang alamatnya berada di Jln Tanjung Kelayang, Sijuk

42.    Fega Seafood Restaurant

Selain di RM batu Garuda, tempat menikmati kuliner khas Belitung yang terbuat dari seafood adalah di Fega Seafood Restaurant Manggar

43.    Bakso Ikan Pak Long

Bakso ikan adalah hal yang cukup biasa dan mudah kita temukan jika berkunjung ke pulau Laskar Pelangi ini. Rasanya yang enak dan gurih serta lembut sangat berbeda dengan bakso ayam atau bakso sapi.

Jika kamu tertarik untuk menikmati bakso ikan yang enak dan sulit dicari duanya, cobalah berkunjung ke bakso ikan Pak Long yang ada di Jln. Air Ketekok No. 22 Tanjung Pandan. Selain bakso ikan, disini juga tersedia kuliner khas Belitung lainnya seperti pempek dan tekwan

44.    Ketam Isi Adena

Ketam Isi Adena adalah salah satu makanan khas Pulau Belitung yang memiliki cita rasa unik dan enak. Ketam isi terbuat dari daging kepiting rajungan yang diolah dengan bumbu khusus, sehingga menghasilkan kuliner yang nikmat. Salah satu tempat yang bisa kamu datangi untuk menikmati kepiting isi adalah Jl. Sriwijaya, Paal Satu, Tj. Pandan

45.    Suto Belitung Mak Janah

Kalau kamu penasaran dengan rasa soto Belitung, datang saja ke warung Mak Janah yang beralamat di, Parit, Tj. Pandan. Soto Mak Janah terkenal lezat sehingga masyarakat setempat pun rela mengantri demi menikmati sepiring soto Belitung.

Sebagai gambaran, Suto Belitung terbuat dari ketupat sayur yang di siram dengan kuah rebusan iga sapi, bihun, emping, dan diisi juga dengan kentang rebus

46.    Empek Empek Mama Rio

Melancong ke Belitung rasanya belum lengkap apabila belum menikmati empek-empek. Memang, makanan yang satu ini lebih identik dengan kota Palembang. Akan tetapi, pempek dan tekwan juga sebenarnya bisa dengan mudah kita jumpai di Belitung. Pasalnya, Pulau Belitung juga merupakan salah satu pulau yang nelayannya banyak menghasilkan ikan. Sehingga, masyarakat setempat sudah sangat terbiasa dengan ikan laut untuk dijadikan berbagai olahan makanan.

Untuk menikmati empek-empek yang enak dan gurih, jangan lupa datang ke warung empek-empek Mama Rio yang ada di Jl. Mayjend Bambang Utoyo, RT.04/RW.01, Parit, Tj. Pandan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *